BLANTERVIO103

3 jenis gerakan cnc

3 jenis gerakan cnc
Wednesday, September 18, 2019
3 jenis gerakan cnc


3 Jenis Gerakan Dasar Mesin CNC

Mesin Computer Numerical Controlled yang biasa kita kenal dengan CNC, memiliki lebih dari satu jenis gerakan yang digunakannya, ada tiga jenis gerakan paling umum yang dipakai dan mudah mudah untuk diingat. yaitu adalah Gerakan Cepat, Gerakan Garis Lurus, dan Gerakan melingkar.

Semua jenis gerak ini mungkin terlihat berbeda tetapi mereka memiliki dua kesamaan, kesamaan nya adalah di mulai dari titik awal dan di akhiri di titik akhir dari setiap gerakan di tentukan dalam perintah gerak. Dengan menjadi titik awal itu berarti bahwa jenis gerakan akan berlaku sampai diubah sebaliknya.


baca juga :  pemrograman cnc dengan g code

3 jenis gerakan umum:

1. Jenis Gerak Cepat


Jenis gerak cepat juga disebut Pemosisian. Cara jenis gerakan ini digunakan adalah melalui memanfaatkan tingkat tercepat yang mungkin dari gerakan perintah mesin. Contoh penggunaan gerak cepat bergerak untuk membersihkan penghalang, menempatkan alat pemotong ke dan dari posisi yang diinginkan, dan program apa pun yang menyediakan skema non-pemotongan.

Perintah yang biasanya diprogram ke mesin CNC adalah G00 karena dalam perintah ini, titik akhir untuk gerakan cepat akan ditentukan.

Mesin CNC, dengan sebagian besar kontrol yang diberikan, akan dapat bergerak secepat mungkin di semua sumbu yang diperintahkan. Dalam hal gerakan cepat, satu sumbu mungkin dapat mencapai titik akhirnya sebelum sumbu lainnya. Pergerakan garis lurus tidak akan terjadi dengan jenis fungsi perintah cepat dan pemrogram mesin harus memperhitungkan bahwa tidak ada penghalang yang harus dihindari. Gerakan garis lurus akan terjadi bahkan selama perintah gerakan cepat ketika dilakukan dengan kontrol lain.

2. Gerakan Garis Lurus


Jenis gerakan ini akan memungkinkan pemrogram mesin untuk memerintahkan gerakan garis lurus sempurna di dalam mesin. Tidak seperti jenis gerak cepat, gerakan garis lurus akan memungkinkan programmer untuk memvariasikan laju gerak atau laju umpan yang akan digunakan selama gerakan. Contoh menggunakan gerakan garis lurus akan mengubah diameter lurus, lancip, ketika milling permukaan lurus, dan ketika pengeboran untuk ini adalah karena contoh-contoh ini membutuhkan gerakan pemotongan lurus.

Kata umum untuk menentukan gerakan garis lurus ke dalam mesin adalah G01, karena dalam perintah ini programmer akan menyertakan titik akhir yang disukai dalam setiap sumbu.

3. Gerakan Melingkar


Jenis gerak ini akan menyebabkan mesin bergerak ke arah lintasan melingkar dan digunakan untuk menghasilkan jari-jari dalam pemesinan. Ketika berbicara tentang titik pada laju umpan gerak melingkar, itu sama dengan titik pada gerakan garis lurus.

Selain dari gerakan garis lurus dan gerak cepat, ada dua kode G yang umum digunakan saat memprogram gerakan melingkar ke dalam mesin. Ini adalah G02 dan G03. G02 digunakan ketika programmer menginginkan gerakan searah jarum jam ke dalam mesin sementara G03 digunakan untuk membuat gerakan anti-jarum jam. Untuk mengetahui perintah mana yang harus digunakan, programmer harus melihat gerakan dengan perspektif yang sama seperti apa gerakan mesin itu, mungkin searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.

Persyaratan lain yang akan diprogram ke dalam mesin yang akan menggunakan gerakan melingkar adalah bahwa programmer harus menentukan jari-jari busur yang akan dihasilkan. Dengan kemajuan teknologi baru dalam CNC, kata "R" sekarang digunakan untuk menentukan radius. pada mesin CNC, "I", "J", dan "K" digunakan untuk menentukan lokasi titik tengah busur.
Share This Article :
DANNYS

TAMBAHKAN KOMENTAR

5838955342333883808